Laporan kegiatan anggota FLLAJ Kabupaten Simalungun (Rabu, 26 Januari 2022)

Laporan Kegiatan FLLAJ Kabupaten Simalungun

Konsultasi Publik Proyek DAK Tahun 2022 Paket Pokan Baru – Boluk, Kecamatan Hutabayu Raja ( Non PHJD).


Tempat :
Ruang Rapat Kantor Dinas Pekerjaan Umum,Pamatang Raya

Waktu:
Rabu,26 Januari 2022.

Peserta :
FLLAJ (Jan Derita Wilson Sinaga, Robert Ambarita,Ober Saragih, Organda Kabupaten Simalungun/ Ringkas Tarigan,Hermanto Sipayung), Masyarakat Nagori Boluk, Nagori Silakkidir, Nagori Bahal Batu,  Perwakilan Gender 3  orang,  Pangulu Boluk , Gamot Boluk, Dinas PUPR, Bappeda, mewakili Camat Kecamatan Hutabayu Raja, Kadis Dinas Perhubungan, Konsultan Pendamping PHJD Kabupaten Simalungun, Pengawas Lapangan, PPK Fisik, Konsultan.

Rapat dimulai Pukul : 10:00 WIB


Deskripsi Kegiatan Konsultasi Publik


Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lalu dilanjutkan dengan pengarahan dari yang pertama adalah yang mewakili Dinas PUPR Kabupaten Simalungun yaitu Sekretaris  Dinas PUPR, menyusul camat Hutabayu Raja, dan yang mewakili Bappeda Kabupaten Simalungun.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Simalungun (diwakili sekretaris dinas Novandi Pakpahan, ST) :

Novandi : Menyampaikan gambaran umum pelaksanaan paket pengerjaan Pokan Baru-Boluk. Dimana dikatakan , bahwa kecamatan Hutabayu Raja adalah merupakan sentra penghasil Padi terbesar di Kabupaten Simalungun. Peningkatan produksi pangan juga merupakan program strategis nasional. Untuk meningkatkan kapasitas sebagai penghasil pangan, jalur Pokan Baru-Boluk diusulkan untuk mendapatkan prningkatan sarana infrasstrukttur jalan. Dan pemerintah pusat memberikan usulan dimaksud.

Camat Hutabayu Raja : Camat menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Simalungun dan juga pKementerian PUPR yang memberikan perhatian serius atas kerusakan jalan jalur Pokan Baru-Boluk yang sudah lama rusak berat. Selama ini, jalan ini mengalami rusak berat. Padahal ini adalah porors jalan menuju Kawasan Ekonomi Sei Mangkei. Dan jalur jalan ini juga menghubungkan antar kecamatan, yaitu ke kecamatan Tanoh Jawa dank ke kecamatan Bandar.

PPK Pisik Dinas PU : Menjelaskan tentang pengerjaan jalan ini. Yaitu tentang jenis pengerjaan, dan kemungkinan-kemungkinan aka nada bersinggungan dengan tanah masyarakat. PPK Pisik berharap bila ada tanah atau lahan masyarakat yang terkena dampak kiranya dapat melakukan kominkasi yang baik dengan pihak kontraktor atau dengan pihak dinas PU kabupaten Simalungun.


TANYA JAWAB


Masyarakat Nagori Rajamaligas : Kapan kira-kira perbaikan jalan ini dilaksanakan. Jalan ini sudah lama hancur dan tidak diperdulikan.

Tanggapan : Pengerjaan ini akan dimulai dengan kontrak pada bulan Maret tahun 2022 dan pengerjaan oleh kontraktor akan dimulai pada bulan April 2022. Tahap pengukuran sudah selesai dilakukan.

Masyarakat Nagori Rajamaligas : Mohon dilakukan penertiban terhadap kendaraan yang mengangkut sawit. Karena diduga truk-truk itu melebihi tonase.

Tanggapan dari Dinas PU : Dinas PU tidak memiliki wewenang untuk menghentikan truk yang melebihi tonase. Mungkin dari forum LLAJ atau dinas perhubungan dapat memberikan tanggapan. Dinas PU sangat senang bila penertiban dilakukan terhadap truk-truk yang melebibi tonase karena dengan pernertiban itu akan semakin panjang umur jalan.

Tanggapan FLLAJ :  Penertiban truk-truk bertonase lebih dapat kita lakukan.  Saat ini pemkab Simalungun sedang merancang pemasangan potal-portal pada titik jalan tertentu. Mohon kesabaran untuk menunggu.

Masyarakat Nagori Bahalbatu : dengan adanya pengerjaan jalan ini da nada pembongkaran jembatan diatas parit rumah penduduk, apakah ada pembuatan parit beton sebagai ganti yang telah ada sebelumnya ?

Tanggapan : Jembatan menuju rumah masyarakat tidak ada pembuatan peenggatiannya. Hanya aksesumum seperti di depan pasar, makam, dan lain-lain. Namun kami dari dinas PU akan berkordinasi nanti untuk membantu dengan pihak kontraktor.

Masyarakat Nagori Silakkidir : Kenapa panjang jalan yang diperbaiki hanya sepanjang empat koma Sembilan meter ? Sedaangkan panjang keseluruhan jalan yang rusak ada sepanjang enam kilometer ?

Tanggapan : Usulan yang disampaikan untuk ruas jalan Pokan Baru – Boluk untuk akses jalan umu hanya diakomodir sepanjang saat ini. Hal ini karena kekurangan anggaran untuk menangani seluruhnya.

 

Demikian hal-hal penting yang diserap dalam rapat konsultasi public ruas jalan Pokan Baru – Boluk. Rapat berakhir pada Pukul 12 : 30 Wib dan diadakan dengan makan siang.