Laporan Kegiatan FLLAJ Kabupaten Simalungun (Kamis, 23 Juni 2022)

Laporan Kegiatan FLLAJ Kabupaten Simalungun
Konsultasi Publik Program Hibah Jalan Daerah Simarimbun – Sipolha


Tempat:
Kantor Camat Kecamatan Pamatang Sidamanik

Waktu:
Kamis, 23 Juni 2022.

Peserta:
FLLAJ (Jan Derita Wilson Sinaga,  ), Masyarakat, Perwakilan Gender 4 orang,  Lurah Sipolha, Kepling setempat, Dinas PUPR, Bappeda, mewakili Camat Kecamatan Pamatang Sidamanik, Camat  Sidamanik, Pangulu Nagori Saitbuttu, Konsultan Pendamping PHJD Kabupaten Simalungun, Konsultan Pengawas CV.POLO KONSULTING, Kontraktor CV. MULIA PRATAMA.

Rapat dimulai Pukul 10:00 WIB


Deskripsi Kegiatan Konsultasi Publik


Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lalu dilanjutkan dengan pengarahanDari yang pertama adalah yang mewakili Dinas PUPR Kabupaten Simalungun yaitu Sekretaris  Dinas PUPR, menyusul camat Pamatang Sidamanik dan yang mewakili Bappeda Kabupaten Simalungun.

  • Sekretaris Dinas PUPR : bahwa program PHJD di kabupaten Simalungun memasuki tahun kedua. Tahun pertama adalah tahun 2021 yang merupakan Tahap Pertama program PHJD di Tigaras Kecamatan Dolog Pardamean. Pada tahun kedua ini, yaitu Tahap Kedua program PHJD tahun 2022 focus di wilayah destinasi pariwisata Sipolha yang berada di kecamatan Pamatang Sidamanik. Apabila tahap kedua ini tidak berjalan dengan baik, ada kemungkinan pada Tahap Ketiga tahun 2023 program ini tidak ada lagi. Untuk itu, agar dana PHJD berikutnya tahun 2023 dikucurkan harus dipastikan pelaksanaan tahun 2022 ini berjalan dengan baik.
  • Bappeda : Untuk memberhasilkan kegiatan ini, pihak konsultan diharapkan terus melakukan kordinasi dengan pihak PUPR.
  • Lurah Sipolha/mewakili Camat : Lewat pertemuan konsultasi ini, diharapkan kepada seluruh masyarakat di kecamatan Pamatang Sidamani dan Sipolha mendukung kegiatan PHJD dan jangan ada yang menghalang-halangi. Karena semua hasil program ini adalah untuk kesejahteraan masyarakat khususnya kecamatan Pamatang Sidamanik.
  • Camat Siamanik Linus Lindung Silalahi : Apa bila jalan-jalan bagus, kawasan wisata Danau Toba khususnya kecamatan Pamatang Sidamanik dan Kecamatan Sidamanik akan banyak dikunnjungi oleh wisatawan. Pemerintah terus selalu mendukung pemajuan wilayah wisata. Hal itu akan mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.
  • PPK PHJD Kabupaten Simalungun Olim Purba : menerangkan bahwa masa pengerjaan program PHJD yang dikerjakan oleh kontraktor berlangsung selama masa kerja 180 hari. Yang dilakukan dalam bentuk pengerjan peningkatan badan jalan, perawatan bahu jalan, penambalann bhu jalan, dan lain-lain.
  • Damanik (masyarakat) : Apa bila dalam proses pengerjaan ini ada pagar rumah milik masyarakat yang terkena imbas, apakah ada ganti rugi ?
  • Sanju Sidabutar : Sesuai dengan perencanaan pembuatan halte untuk disabilitas, yang letaknya didepan Pekan Tiga Sarimatondang, saya memandang lokasi itu kurang pas. Karena pada lokasi yang ditentukan ini selalu banyak kendaraan roda empat yang parkir disitu. Mohon digeser kesisi sebelah kiri simpang jalan ke dalam pasar.
  • Saragih, Pangulu Tigabolon : Menanyakan arti Peningkatan Jalan. Juga menanyakan truk-truk bermuatan 30 ton melintas di jalan klass 3 atau jalan kecamatan. Mohon Dinas Perhubungan menghentikan . Atau boleh kah masyarakat menghentikan truk yang melebihi muatan ini ?
  • Hebri Damanik : Di Huta Mula, ada jalan yang sangat lurus dan moil sering melintas dengan kecepatan tinggi, pada satu sisi banyak anak sekolah yang lalu lang , mohon diberi rambu-rambu lalu lintas.
  • Damanik/ masyarakat : Di Pamatang Sidamanik ini banyak lampu-lampu penerangan jalan umum yang tidak menyala pada malam hari. Mohon lampu jalan itu dihidupkan.

Rapat diakhiri dan selesai Pukul 12 : 30 WIB.