Notulensi Rapat Bulanan FLLAJ Kabupaten Simalungun (Mei 2022)

0
214

Waktu Rapat:
Mei  2022

Tempat:
Café Milikopi, Pamatang Siantar

Materi:
Potensi-potensi Ketidaknyamanan Berlalulintas

Peserta Rapat:
Anggota FLLAJ/ ORGANDA Kabupaten Simalungun dan Dinas Perhubungan Kab.Simalungun, Satlantas Polres Simalungun

Pembawa Rapat:
Kepala Dinas Perhubungan.

Notulen:
Sekretaris FLLAJ Jan Derita Wilson Sinaga

Rapat dibuka Pukul 10 : 00 WIB.


Kepala Dinas Perhubungan  Kabupaten Simalungun membawakan kata pengantar pertemuan dengan memaparkan beberapa hal yang menyangkut ketidaknyamanan dalam perlalulintasan. Ada banyak hal yang mempengaruhi kualitas berlalulintas.

Kepala Dinas Perhubungan:
Dalam pertemuan kita kali ini antara dinas perhubungan dengan forum lalu lintas angkutan jalan kita akan membahas tentang peningkatan kualitas berlalulintas di jalan raya. Beberapa hal yang dapat kita lakukan adalah perihal ketaatan masyarakat dalam berlalulintas. Selain ketaatan pengendara hal yang menjadi penentu juga meliputi sosialisasi dan tersedianya sarana rambu-rambu lalulintas yang tersedia. Juga ketersediaan sarana yang kurang tepat penempatannya, seperti permukaan badan jalan pada tikungan-tikungan. Dinas Perhubungan kabupaten Simalungun beserta mitra FLLAJ dapat melakukan peran-peran yang bekerja sama. Yang menjadi focus kita bukan hanya focus pada kelas jalan kebupaten atau jalan kecamatan saja. Namun juga meliputi mensikapi atas ketersediaan sarana pada jalan propinsi, atau kelas jalan nasional yang ada di kabupaten Simalungun.

Ober Saragih (FLLAJ):
Seperti pemaparan yang disampaikan bapak kepala dinas tadi, selama ini kita mengalami banyak ketidaknyamanan berlalulintas di jalanan. Seperti pengemudi bus umum Sinar Sepadan yang  kerap kita lihat melaju dengan kecepatan tinggi di dalam kota atau di pusat keramaian. Hal ini terasa mengancam jiwa pengguna jalan. Kita perlu melakukan sosialisasi kepada pihak pemilik angkutan dan juga kepada para sopir agar mengurangi kecepatan bus mereka pada tempat-tempat yang ramai. Kita minta asosiasi angkutan umum yaitu ORGANDA dan juga pihak kepolisian yang mana lewat anggota FLLAJ yang ada dalam forum ini.

Hermanto Sipayung (FLLAJ):
Saya berpikir, untuk melakukan sosialisasi itu, bisa kita lakukan dalam berbagai bentuk media. Antara lain, kiranya kita FLLAJ membuat spanduk-spanduk imbauan di sepanjang jalan yang dilalui.Tapi, mungkin kita terkendala ketersediaan biaya. Adakah yang bisa kita lakukan untuk membuat spanduk imbauan itu ?

Satlantas Polres Simalungun:
Mensikapi masukan-masukan yang muncul dalam forum ini, kami dari satlantas Polres Simalungun siap mendukung semua gerakan yang muncul dan dihasilkan dalam forum ini. Tapi sebelum sampai kepada realisasi di lapangan, mohon kepada forum FLLAJ agar setiap kami diundang mengikuti rapat bulanan FLLAJ ini, kiranya terlebih dahulu pihak FLLAJ menyampaikan undangan penunjukan dari pihak Polres Simalungun. Tujuannya Agar posisi kami resmi mengikuti kegiatan luar. Itu dulu dari kami. Pada prinsipnya, kami siap mengikuti kegiatan pensosialisasian yang dilaksanakan oleh pihak dinas perhubungan dan FLLAJ ini.

Tuahman Saragih (Dinas Perhubungan):
Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kualitas berlalulintas. Seperti telah diutarakan oleh rekan-rekan tadi. Antara lain, melakukan penyadaran kepada para sopir. Selain itu juga melakukan sosialisasi kepada siswa sekolah. Semakin beragam cara kita melakukan sosialisasi diharapkan akan berdampak terhadap kesadaran masyarakat dalam berkendaraan.

Kepala Dinas Perhubungan:
Seperti elah kita sebutkan di depan, untuk menindaklanjuti itu semua, diharapkan kepada kepada kita semua, terutama kepada pihak anggota forum FLLAJ, untuk mendata secara pelan-pelan potensi yang dapat membuat timbulnya ketidaknyamanan berkendaraaan. Seperti kondisi tikungan jalan. Sebaiknya tikungan jalan itu adalah memiliki kemiringan badan jalan. Apabila ita menemukan tikungan jalan yang datar, ini dapat kita sampaikan kepada pihak PU agar diberi perbaikian pembuatan kemiringan agar pengendara tidak terganggu. Demikian juga kondisi-kondisi sepanjang jalan yang tidak memiliki penerangan jalan. Kita mendata di daerah mana saja jalan-jalan yang pada malam hari sangat gelap. Hal ini pun akan kita tambahi fasilitas lampu jalan di lokasi itu. Kondisi jalan yang gelap juga akan menimbulkan banyak hal-hal negaif pada masyarakat pengguna jalan, seperti rawan perampokan. Kita berharap, masukan-masukan dari berbagai pihak di seluruh kabupaten Simalungun ini.

ORGANDA:
Mengenai banyaknya para sopir yang membawa kendaraan atau bus umum dengan kecepatan tinggi pada jalan-jalan tertentu yang ramai, seperti di depan sekolah. Kami berharap, kita dari forum FLLAJ untuk menyurati paran pengusaha angkutan umum. KAMI DARI organda akan menyampaikan surat kita kepada alamat pengusaha anngkutan umum itu.

Ketua FLLAJ:
Terimakasih, itulah masukan yang ita kumpulkan dari pertemuan bulanan kita kita ini, semoga kedepan, akan semakin banyak masukan yang akan dapat kita tindak lanjuti untuk perbaikan kualitas berlalulintas di kabupaten Simalungun. Bila masih ada masukan lain, akan kita tamping. Dan bila tidak ada lagi pertanyaan maka akan kita tutup pertemuan kta ini. Saat ini waktuu menunjukkan pukul 12 : 07 WIB.

Karena tidak ada lagi masukan atau pertanyaan dari peserta rapat, maka rapat diakhiri pada Pukul 12 : 10 WIB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here