Rapat Bulanan FLLAJ Bulan Agustus 2023

0
166

Pematang Raya, Fllajsimalungun.com –

Pada Senin, 14 Agustus Tahun 2023 bertempat diruangan sekretariat FLLAJ Kompleks SKPD Pamatang Raya, dilangsungkan rapat bulanan FLLAJ Kabupaten Simalungun yang dimulai pukul 10.00 wib.

Adapun yang hadir pada pertemuan tersebut adalah Dinas PUTR Kabupaten Simalungun, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Baperida Kabupaten Simalungun, Satlantas Polres Simalungun, PT. Jasa Raharja (Persero), Dinas Perhubungan Kabupaten Simalungun.

Berikut, Resume Hasil Rapat Bulanan FLLAJ Kabupaten Simalungun :

Kadishub ( Sabar Pardamean Saragih, SH)

Keberadaan FLLAJ saat ini bukan karena adanya paket PHJD KSPN Danau Toba, melainkan lebih kepada amanat Undang – Undang tentang Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan, kehadiran Forum Lalu Lintas dalam hal perumusan serta penyelesaian permasalahan di bidang transportasi yang ada di Wilayah Kabupaten Simalungun terkhusus permasalahan keluhan masyarakat yang ada di Kabupaten Simalungun. Dapat disimpulkan beberapa permasalahan yang ada dan sangat dibutuhkan perumusan serta penyelesaian yaitu yang pertama banyaknya angkutan barang yang diduga melintas melebihi kapasitas (ODOL) dan yang kedua maraknya aksi penumpang yang naik di atas kap angkutan umum yang dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas di jalan raya, dengan data yang ada pada umumnya penumpang yang naik di atas kap notabennya adalah siswa sekolah dengan usia produktif.

Terkait dengan permasalahan yang pertama yakni banyaknya angkutan barang yang melintas di duga Over Load (ODOL), Dinas Perhubungan Kabupaten Simalungun sedang giat giatnya melaksanakan pengawasan dan pemasangan alat pengendali dan pengaman jalan (PORTAL) di seluruh ruas jalan Kabupaten di Wilayah Kabupaten Simalungun dalam hal ini ada beberapa hal teknis yang menjadi kendala di dalam pelaksanaan kegiatan tersebut yakni beberapa pemilik perusahaan angkuta barang merasa dirugikan, namun demikian kegiatan tersebut tetap berlanjut.

Terkait dengan permasalahan maraknya penumpang angkutan umum yang naik di atas kap mobil angkutan umum, Dinas Perhubungan Kabupaten Simalungun beserta stake holder terkait sering melaksanakan sosialisasi keselamatan kepada pihak pemilik kendaraan angkutan umum baik secara tatap muka maupun pemberitahuan melalui baliho maupun selebaran, dalam hal ini juga diharapkan keikutsertaan dan aktifnya FLLAJ dalam membantu menurunkan jumlah korban kecelakaan lalu lintas.

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( Mhd. Rijal Nasution, SH)

Koordinasi kesemua stake holder terkait serta melaksanakan kegiatan pengawasan kelas jalan terus dilaksanakan, demi terwujudnya keselamatan berlalu lintas. Kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral terus dilaksanakan demi mensinergikan upaya – upaya yang akan dilaksanakan demi terwujudnya keselamatan dalam berlalu lintas dan lalu lintas yang berkeselamatan.

Ketua POKJA FLLAJ ( Robert Mabarita)

  • Kesejahteraan anggota Forum agar lebih diperhatikan, demi menunjang efektivita pelaksanaan kegiatan.
  • Perlunya konfrensi pers terkait pemasangan alat pengaman dan pengendali jalan sertasosialisasi dan pengawasan penumpang angkutan umum yang naik diatas kap halm tersebut bertujuan agar diketahui oleh halayak ramai.
  • FLLAJ sangat mendukung seluruh Program kegiatan yang akan dilaksnakan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Simalungun dan siap bergandengan tangan untuk mensukseskan kegiatan dimaksud.

Kadishub ( Sabar Pardamean Saragih, SH)

  • Terkait dengan susunan kepengurusan keanggotaan FLLAJ agar diganti dan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada, dikarenakan banyaknya anggota FLLAJ/ POKJA yang kurang aktif sehingga mempengaruhi kinerja forum terkhusus pada keaktifan Website FLLAJ.
  • Dimintakan keaktifan seluruh anggota POKJA/ FLLAJ pada seluruh kegiatan yang ada.

Jasa Raharja ( Rido)

  • Atensi pihak jasa raharja terkait maraknya siswa yang naik diatas kap sangat tinggi dengan banyaknya sosialisasi yang dilaksanakan oleh pihak jasa raharja kesekolah sekolah terkait dengan pentingnya keselamatan berlalu lintas, hal tersebut diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menurunkan jumlah korban kecelakaan lalu lintas dengan usia produktif
  • Pelatihan dan pendidikan ke semua sektor yang terkait dengan jalan Mobilisasi seluruh kegiatan terkait dengan keselamatan agar dapat dipublikasikan melalui jejaring sosial serta aplikasi forum LLAJ
  • Pelaksanaan kegiatan penindakan bagi pelaku transportasi di fokuskan dibeberapa titik khususnya ruas jalan Tanah Jawa.

Kadishub ( Sabar Pardamean Saragih, SH)

  • Pelaksanaan pengawasan dan penindakan dilaksanakan secara terkoordinasi oleh sekuruhpohak pemangku kepentingan
  • Agar Forum LLAJ menyurati seluruh direksi dan pemilik kendaraan agar dapat mematuhi peraturan berlalu lintas terkhusus tidak menaikan penumpang keatas kap kendaraan,apabila hal dimaksud tidak dilaksanakan/ diindahkan maka Dinas Perhubungan akan melakukan pembekuan ijin trayek.

Ketua POKJA ( Robert Ambarita)

  • Pelaksanaan Sosialisasi serta penindakan agar secepatnya dilaksnakan

Anggota FLLAJ ( Ringkas Tarigan)

  • Diminta kepada personil lepolisian maupun Dishub agar menempatkan personil di tempat–tempat yang sering terjadi pelanggaran lalu lintas.

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( Mhd. Rijal Nasution, SH)

  • Agar pihak sekolah dapat melaksanakan pengawasan kepada anak didik tidak hanya sebatas ruang lingkup sekolah, melainkan sampai di luar sekolah juga tidak luput dari pengawasan.

Jasa Raharja ( Roy)

  • Agar pihak sekolah untuk lebih memberikan perhatian tidak hanya kepada para siswa melainkan juga kepada keluarga anak didik untuk selalu menghimbau agar lebih mematuhi tata cara berlalulintas yang benar.
  • Faktor penindakan dapat lebih dimaksimalkan agar dapat membrikan efek jera kepada pelaku yang melanggar atauran berlalu lintas.

Bapperida ( Nikmah Nasution)

  • Perumusan tata cara penindakan yang lebih efektif

Kadishub ( Sabar Pardamean Saragih, SH)

  • Diharapkan kedepan agar sinergitas antar pemangku kepentingan dapat lebih berjalan dengan maksimal demi menurunnya angka pelanggaran lalu lintas serta meminimalisir jatuhnya korban terkhusus korban di usi produktif.

Lampiran :

BAGIKAN
Berita sebelumyaLaporan Warga
Berita berikutnyaLaporan Warga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here